Pasar

Pasar

Rahasia Buah Semangka untuk Ibu Hamil - Khasiat Buah Semangka

Image result for khasiat buah semangka
Semangka (Citrullus lanatus) merupakan salah satu jenis tanaman yang tumbuh merambat yang berasal dari daerah Afrika Selatan. Buah ini memiliki rasa yang manis dan meiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga memberikan rasa yang segar, karena itulah menjadikan buah semangka ini biasa disajikan sebagai hidangan pencuci mulut. Buah semangka juga dapat diolah menjadi jus atau aneka minuman menyegarkan lainnya. Semangka masih satu kerabat dengan buah labu (cucurbitaceae), ketimun (cucumis sativus) serta melon (cucumis melo). Buah semangka untuk ibu hamil sangatlah baik karena buah ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik, seperti vitamin, mineral, zat besi dan sebagainya yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Karakteristik dari buah semangka adalah :
  • merupakan tumbuhan yang tumbuh merambat namun meskipun merambat, semangka tidak dapat membentuk akar edventif.
  • semangka memiliki daun dimana terdapat lekuk-lekuk di daunnya. Bunganya memiliki warna kuning, berukuran kecil (kira-kira berdiameter 3 cm). Bunga pada tumbuhan semangka ada dua jenis pada satu tumbuhan, yaitu bunga yang memiliki benang sari (stamen) dan bunga yang memiliki benang sari dan putik (pistillum).
  • Kulit pada buah semangka cukup keras, warnanya hijau pekat, namun ada yang memiliki warna hijau muda dengan diselingi larik-larik yang berwarna hijau tua.
  • Daging buah yang mengandung banyak air memiliki warna merah atau ada juga yang kuning. Serta biji yang terdapat dalam semangka berwarna hitam dan memiliki bentuk pipih.
  • Semangka memiliki jenis yang tidak berbiji atau tetap memiliki biji namun kecil-kecil.
Buah semangka juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk ibu hamil, pada setiap 100 gram semangka yang kita makan megandung nutrisi antara lain air 91.45 gram, energi 127 kJ (30 kcal), karbohidrat 7.55 g, protein 0.61 g, vitamin B6 0.045 mg, volat atau vitamin B9 3 mg, gula 6.2 g, serat pangan 0.4 g, vitamin C 8.1 mg, lemak 0.15 g, kalium 112 mg, fosfor 11 mg, kalsium 7 mg, besi 0.24 mg, magnesium 10 mg, seng 0.10 mg, vitamin A 28 mg, niacin (Vit. B3) 0.178 mg, riboflavin (Vit. B2) 0.021 mg, thiamine (Vit. B1) 0.033 mg, asam pantothenat (B5) 0.221 mg. Bayangkan betapa kayanya nutrisi yang dikandung pada buah semangka, maka dengan banyaknya nutrisi tersebut maka buah semangka sangat baik dikonsumsi bagi ibu hamil. Karena nutrisi – nutrisi tersebut sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan anda.
Dengan banyaknya kandungan nutrisi pada buah semangka maka dengan otomatis buah semangka memiliki segudang manfaat bagi ibu hamil antara lain :
  1. Membantu proses pencernaan pada ibu hamil dan mencegah dehidrasi
Bagi ibu hamil sering mengalami keluhan pada sistem pencernaan dan panas dalam. Kadar cairan yang ada pada buah semangka sangat membantu mengatasi masalah pencernaan tersebut. Semangka mengandung 90% air, sehingga manfaat semangka untuk ibu hamil dapat mencegah dehidrasi yang terjadi pada ibu hamil.
  1. Mengurangi Pembengkakan Pada Ibu Hamil
Pada ibu hamil gangguan kehamilan yang umum terjadi adalah pembengkakan ringan yang terjadi pada tangan dan kaki, kondisi ini biasa disebut dengan edema. Kandungan air yang terdapat dalam semangka menjadikan buah ini mampu mengurangi penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah dan otot, sehingga mampu mencegah terjjadinya edema.
  1. Meringankan Heartburn
Heartburn adalah rasa panas di sekitar dada dan perut, hal ini memang sering terjadi pada ibu hamil, terutama pada mereka yang memang sudah memiliki riwayat sakit maag sebelumnya. Keluhan ini diredakan dengan mengkonsumsi buah semangka sehingga gejala heartburn dapat mengurangi intensitas dalam panas di dalam perut dan dada secara cepat.
  1. Menjaga Kesehatan Jantung
Buah semangka kaya akan kandungan zat Likopen. Hal ini menjadikan makanan sehat untuk ibu hamil ini, sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung ibu hamil, maupun pada janin.
  1. Mencegah Pigmentasi
Buah semangka dapat memperlancar pencernaan makanan dan menjaga gerakan dari usus halus, dimana kondisi tersebut cukup berpengaruh terhadap kondisi kulit. Dengan mengkonsumsi buah semangka maka pigmentasi dapat berkurang atau kulit ibu yang sedang hamil dapat tetap halus.
  1. Mengatasi Morning Sicknes
Mengkonsumsi buah semangka secara teratur di pagi hari akan memberikan efek semangat ketika memulai hari saat terjadi morning sickness atau mual di pagi hari. Hal ini ditimbulkan dari rasa segar dan menenangkan yang berasal dari buah semangka. Manfaat semangka untuk ibu hamil, mengandung energi dan gizi yang bermanfaat bagi tubuh pada ibu hamil.
  1. Mendukung Pembentukan Tulang Janin
Buah semangka juga memiliki kandungan kalium, dimana kalium itu sendiri berfungsi untuk mempertahankan kalsium dalam tubuh. Maka hal ini akan menjadikannya sangat bermanfaat dalam proses pembentukan tulang janin dan menguatkan persendian pada tubuh ibu menjadi lebih sehat dan lebih kuat.
Segudang manfaat semangka untuk ibu hamil tersebut tetap masih ada faktor resikonya. Bagi ibu hamil semangka juga tetap beresiko bagi kesehatan apabila dikonsumsi terlalu banyak. Bila ibu hamil mengkonsumsi terlalu banyak maka mungkin akan mengalami beberapa masalah seperti diabetes gestasional dan sakit lambung. Diabetes gestasional terjadi karena kandungan kadar gula semangka cukup tinggi sedangkan sakit lambung dapat terjadi jika Anda memakan semangka yang sudah lama dibiarkan terkelupas di ruang terbuka.
Semangka mengalami oksidasi, dan hal ini tak baik untuk sistem pencernaan Anda. Pada saat mengkonsumsi buah semangka anda juga sebaiknya menghindari mengkonsumsi buah yang sudah lama dipanen, pilihlah yang masih segar. Hal ini untuk menghindari masalah pencernaan. Jika ibu hamil mengkonsumsi dalam bentuk jus, maka hindari penggunaan es yang terlalu banyak karena akan membuat anda akan beresiko mengalami gangguan influenza atau pilek.

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html