Pasar

Pasar

Pengobatan Hepatitis dengan Jamu Temulawak


Kita pasti sudah mengenal tentang Temulawak, yakni jenis tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan. Ia berasal dari Indonesia, khususnya Pulau Jawa, kemudian menyebar ke beberapa tempat di kawasan wilayah biogeografi Malesia. (Wikipedia)


Manfaat Temulawak Untuk Penderita Hepatitis
Karena dikenal sebagai salah satu tanaman obat berkhasiat, maka Temulawak sudah pasti memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat dari Temulawak ternyata berguna untuk penderita Hepatitis.
Penyakit Hepatitis adalah salah satu penyakit peradangan hati (liver) yang disebabkan oleh virus Hepatitis. Penyakit Hepatitis tergolong berbahaya karena dapat menyebabkan fungsi utama hati sebagai penyaring racun menjadi tidak optimal. Semakin terlambat ditangani, maka virus bisa merusak hati dan tidak menutup kemungkinan pula berlanjut menjadi Kanker.
Gejala-gejala awal dari penyakit Hepatitis diantaranya hilangnya nafsu makan, mual, muntah, rasa lelah, demam, dan mata berwarna kuning. Namun, pada beberapa penderita ada yang tidak menunjukkan gejala yang jelas, sehingga mereka baru menyadari telah terjangkit virus Hepatitis setelah organ hatinya sudah rusak parah.
Temulawak sendiri, adalah tanaman obat yang memiliki kandungan alami zat berguna bagi tubuh seperti Kurkumin yang memiliki khasiat alami sebagai anti inflamasi (anti radang), juga anti Hepatotoksik yang sangat berguna untuk melindungi kesehatan Hati.
Temulawak ternyata lebih baik manfaatnya dibandingkan dengan obat kimia karena tidak menimbulkan efek samping yang berarti. Bahkan, secara uji klinis Temulawak aman dan sangat cocok untuk dimanfaatkan oleh para penderita Hepatitis sebagai obat.
Manfaat Temulawak Untuk Penderita Hepatitis
Untuk memanfaatkan Temulawak sebagai obat cukup mudah. Langkah pertama, Anda kupas dan bersihkan rimpang Temulawak sampai bersih, lalu potong-potong tipis dan keringkan dengan cara dijemur saja. Setelah kering, rimpang Temulawak tersebut kemudian direbus sampai mendidih, tiriskan dan saring air rebusan untuk diminum secara teratur. Bagi yang tidak suka rasa pahit maka bisa menambahkannya gula secukupnya.
Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html