Pasar

Pasar

Inilah Thibbun Nabawi Rahasia Manfaat Susu Kambing

Image result for Manfaat susu kambing untuk ibu hamil
Susu kambing mungkin masih kurang populer dibandingkan dengan susu sapi yang biasa kita konsumsi. Meskipun demikian, ternyata susu kambing punya banyak kelebihan dibanding jenis susu lainnya karena kandungan nutrisi dan efeknya bagi tubuh. Selain memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, susu kambing juga memiliki rasa yang enak terutama jika dikonsumsi sebagai susu segar. Sebagai salah satu jenis minuman yang juga banyak dikonsumsi, susu kambing punya beragam manfaat bagi tubuh, diantaranya diulas sebagai berikut.


1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Susu kambing mengandung berbagai nutrisi seperti Vitamin A, Vitamin B, kalsium, kalium, zat besi dan nutrisi lain yang bermanfaat bagi tubuh. Selain itu ukuran molekul lemak susu kambing lebih kecil dari molekul lemak susu sapi sehingga lemak yang masuk ke dalam tubuh bisa diserap dengan lebih baik dan tidak menyebabkan peningkatan kolesterol dalam tubuh. Konsumsi susu kambing secara rutin tidak hanya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh atau Low Density Lipoprotein (LDL) tetapi  juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau high density lipoprotein dalam tubuh.

2. Membuat Kulit Terlihat Cantik

Saat ini mungkin kita banyak menemukan produk kecantikan seperti sabun, krim, masker, lotion atau jenis kosmetik lainnya yang mengandung susu kambing sebagai bahan utamanya. Tak heran karena susu kambing memang kaya akan asam amino, vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan untuk merawat dan menjaga kecantikan kulit. Asam amino yang terkandung dalam susu kambing mampu menjaga kelembaban kulit sementara kandungan vitamin A nya mampu menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh.

3. Mengatasi Peradangan

Tidak seperti susu sapi yang mengandung banyak zat allergen dan juga asam amino A1 kasein yang tidak bisa dicerna bagi sebagian orang, susu kambing tidak mengandung banyak zat alergi dan aman dikonsumsi bagi mereka yang menderita lactose intolerance. Berdasarkan beberapa studi senyawa A1 kasein yang terkandung dalam susu sapi bisa menjadi penyebab masalah alergi seperti eksim pada kulit, alergi pencernaan dan lain sebagainya. Selain tidak mengandung zat allergen seperti A1 kasein, susu kambing juga mengandung senyawa alami yang bisa mencegah terjadinya inflamasi atau peradangan dalam tubuh.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ada banyak komponen  senyawa dalam susu kambing yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh seperti mineral zinc yang dikenal sebagai salah satu faktor yang diperlukan dalam meningkatkan fungsi sel imun dalam tubuh. Selain mengandung zinc, dalam susu kambing juga terkandung selenium yang juga merupakan mineral yang dibutuhkan dalam menjaga kekebalan tubuh.

5. Mencegah Anemia Dan Tekanan Darah Rendah

Anemia merupakan masalah kesehatan yang disebabkan oleh rendahnya kadar sel darah merah dalam tubuh. Anemia biasanya ditandai dengan tubuh yang lemas, kepala pusing, mata berkunang-kunang dan lain sebagainya. Susu kambing mengandung zat besi dengan kadar yang cukup tinggi dan zat besi tersebut adalah salah satu komponen yang digunakan untuk memproduksi sel darah merah dalam tubuh. Orang yang menderita anemia atau tekanan darah rendah sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi susu kambing secara teratur.

6. Menjaga Kesehatan Tulang Dan Sendi

Kandungan kalsium dalam susu kambing ternyata lebih tinggi dibandingkan dengan kalsium yang terkandung dalam susu sapi dimana susu kambing mengandung 33% kalsium sementara susu sapi hanya mengandung 28%. Seperti yang kita ketahui kalsium adalah mineral yang menyusun massa tulang dan tanpa konsumsi kalsium yang cukup, tulang akan cepat rapuh dan kehilangan mineralnya. Tidak hanya menjaga kepadatan tulang, susu kambing juga dapat mencegah osteoporosis yang biasanya terjadi diusia senja.

7. Mencegah Penyakit Jantung Dan Arteriosklerosis

Arterioskleresis atau penyumbatan yang terjadi pada pembuluh arteri akibat penumpukan kolesterol dan lemak dalam tubuh dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Selain karena kadar lemak yang tinggi dalam tubuh, penyempitan pembuluh darah juga disebabkan oleh enzim Xanthine oksidase yang masuk dalam aliran darah. Untuk mencegah enzim ini sampai ke jantung, hati akan mengeluarkan lebih banyak kolesterol yang akan menghambat jalan xanthine oksidase dan pelepasan kolesetrol ini justru sama bahayanya dengan enzim tersebut. Selain bermanfaat dalam proses pencernaan, susu kambing juga bisa menurunkan kadar enzim xanthine oksidase dalam tubuh sekaligus mencegah terjadinya arteriosklerosis.

8. Meningkatkan Metabolisme Energi

Semua komponen yang ada dalam susu kambing baik lemak, gula, protein, mineral dan vitaminnya lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Tidak hanya itu, nutrisi yang terkandung dalam susu kambing juga bisa meningkatkan absorpsi atau penyerapan nutrisi dari makanan lainnya. Untuk meningkatkan metabolism tubuh dan juga stamina, seseorang harus mengkonsumsi susu kambing setiap harinya.

9. Meningkatkan Fungsi Otak

Otak adalah organ penting dalam tubuh yang berkaitan dengan fungsi kognitif dan mengatur segala aktifitas yang berlangsung dalam tubuh. Sebagaimana bagian tubuh lainnya, otak juga memerlukan energi dan asupan agar tetap dapat berfungsi dengan baik. Susu kambing mengandung molekul gula yang lebih mudah diserap oleh tubuh dan juga asam amino penting yang berfungsi dalam menjaga struktur saraf dan fungsinya dalam otak.

10. Membantu Menurunkan Berat Badan

Minum susu bisa jadi pantangan saat sedang diet karena kandungan lemak dan gula yang cukup tinggi didalamnya. Meskipun demikian sebenarnya seseorang yang sedang diet bisa tetap mengkonsumsi susu kambing karena selain rendah kalori yakni hanya 168 kalori pergelasnya, susu kambing juga bisa membantu meningkatkan metabolism dan pembentukan energi dalam tubuh. Semakin banyak energi yang bisa dihasilkan dan digunakan tentu akan sangat membantu dalam proses menurunkan berat badan.
Itulah beberapa manfaat susu kambing yang bisa kamu ketahui. Kamu bisa menyantap susu kambing sebagaimana kamu menyantap susu sapi setiap hari dan jika sudah tahu manfaatnya, jangan lewatkan nuntuk mengkonsumsi minuman sehat yang satu ini ya, giys!. “Be healthy and keep happy”

11. Meningkatkan Kecerdasan si Janini dalam perut Ibu
Susu kambing ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan tingkat kecerdasan otak si janin yang masih berada di dalam kandungan, maka dari itu susu kambing ini sangat baik di konsumsi ibu hamil. Jika ibu hamil mengkonsumsi susu kambing secara rutin, maka sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil juga janin yang ada di dalam kandungan.

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html