Pasar

Pasar

Buah Labu Kesukaan Rasulullah saw dan Manfaat Buah Labu bagi Kesehatan

Image result for hadits tentang labu

“Dan kami tumbuhkan untuk dia sebatang pohon dari jenis labu,” (Ash- Shaffat [37]: 146)
Image result for manfaat labu
Ayat ini menceritakan kisah Nabi Yunus setelah ditelan ikan paus lalu Allah Subhanahu wa Ta’ala menyelamatkannya dan menumbuhkan pohon yaqtin atau labu. Dalam sebuah Hadits disebutkan bahwa seorang penjahit mengundang Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk menghadiri suatu jamuan makan. Kata Anas, “Aku berangkat bersama Rasulullah menghadiri jamuan makan tersebut. Kepada Rasulullah tuan rumah menghidangkan roti dari gandum serta kuah berisi labu dan dendeng. Aku melihat Rasulullah mencari labu dari seputar mangkuk kuah itu.’” (Riwayat Muslim)


Buah labu merupakan salah satu buah kesukaan Rasulullah. Bahkan beliau menyuruh istrinya, Aisyah untuk memperbanyak labu dalam masakannya. Dalam kitab al-Ghailaaniyyat diceritakan, Rasulullah pernah minta kepada Aisyah untuk memperbanyak labu saat memasak sayur. “Sesungguhnya labu itu dapat mengobati kesedihan hati,” kata Rasulullah.
Buah labu bersifat dingin dan basah yang memberikan asupan gizi ringan. Sifatnya yang lembut dan berair dapat memberikan suntikan makanan yang lembab berlendir, serta sangat cocok untuk mereka yang kedinginan dan kelebihan lendir.
Airnya dapat menghilangkan dahaga dan sangat bergizi. Jika diminum dengan quince dalam bentuk selai, dapat melarutkan lendir. Jika ditumbuk lalu dibalutkan di bagian atas kepala dapat membantu mengatasi radang otak.
Perasan airnya bila dicampur dengan air mawar, lalu diteteskan ke telinga, berkhasiat mengatasi pembengkakan telinga.
BUAH LABU DALAM ILMU KEDOKTERAN
Allah SWT berfirman, “Dan kami tumbuhkan untuk dia sebatang pohon dari jenis labu “(Ash-Shaffat : 146). Ia merupakan jenis pohon labu yang telah allah SWT tumbuhkan untuk melindungi baginda Nabi Yunus, ketika beliau dimuntahkan dari dalam perut ikan paus ke pantai. Sedangkan beliau saat itu dalam kondisi tanpa mengenakan pakaian, di sebuah tempat yang sunyi senyap, ditengah padang pasir”.
Maka allah SWT berkehendak untuk menutup aurat Nabi Yunus dan melindungi beliau dari terik matahari.kemudian Allah SWT menumbuhkan di atas tanah tersebut pohon yang penuh barakah ini yaitu dari jenis labu. Disebutkan juga dari rasululloh SAW bahwasanya beliau pernah bersabda “hendaklah kamu sekalian mengkomsumsi buah labu, karena sesungguhnya buah labu itu (berkhasiat) menambah kecemerlangan ) otak dan akal pikiran”, HR Ath-Thabrani.
Pemuka pakar medis, ibnu sina menuturkan bahwasanya air perasan buah labu itu berkhasiat meredakan penyakit telinga yang sudah parah terutama apabila dicampur dengan minyak mawar. Buah labu juga berkhasiat dalam menyembuhkan tumor pada otak dan penyakit pada tenggorokan. Sedangkan adonan dari buah labu bermanfaat sekali untuk mengobati penyakit batuk dan penyakit pada organ dada. Adapun meneteskan beberapa air tetes juice dari buah tersebut, sangat berkhasiat untuk meredakan sakit gigi. Ia pun dapat menghilangkan rasa haus dan dahaga, serta berkhasiat mengobati demam (dikutip dengan kitab Al Qanum Fith-Thibby karya Ibnu sina).
Dalam ash-Shahihain, Anas meriwayatkan bahwa ada seseorang penjahit mengundang nabi SAW untuk menyantap hidangan yang raciknya . Anas berkata, lalu aku pergi bersama rosul SAW Sang penjamu menyuguhkan roti gandum dan kuah yang berisi labu dan dendengke dekat rasululloh. Anas berkata “Aku melihat Rasululloh SAW terus mengambil labu dari sekitar pinggan. Maka semenjak hari itu aku menjadi suka terhadap buah labu”.
Abu Thalut berkata “Aku datang menemui Anas bin Malik, tengah mengkonsumsi buah labu”. Kemudian dia berkata “Engkau wahai (buah labu) kiranya tanaman yang aku cintai, karena kecintaan Rasullulloh SAW kepadamu”. Disebutkan pula dalam hadist riwayat Hisham bin Urwah dari ayahhanda, dari aisyah bahwasanya beliau berkata rasululloh SAW bersabda berkata “wahai Aisyah Apabila engkau hendak memasak di dalam tungku (sebuah masakan), maka perbanyaklah buah labu di dalamnya, karena sesungguhnya ia dapat(berkhasiat) menguatkan hati yang sedih (sakit)”.

Khasiat Buah Labu:
Buah labu siam lebih sering diolah sebagai bahan masakan, terutama sayuran. Buah hijau ini ternyata memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Sebutan lain untuk buah ini adalah jipang. Labu siam bukan berasal dari Indonesia. Buah ini justru berasal dari negara Thailand sesuai dengan namanya, yaitu Siam. Bentuk buah ini mirip dengan buah pir namun warnanya hijau. Bagian dalamnya berwarna putih dan sedikit kuning.
Labu siam sudah diteliti oleh beberapa ahli dari Amerika dan hasilnya buah ini mengandung banyak vitamin dan juga mineral. Buah yang masih bersaudara dengan mentimun ini mengandung energy, karbohidrat, protein, lemak, serat, folat, niacin, asam panthotenic, pyridoxine, riboflavin, thiamine, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, sodium, potassium, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, dan fosfor. Lengkap sekali bukan kandungan gizi buah ini? Mari kita simak manfaat dan khasiat labu siam untuk kesehatan di bawah ini.

1. Penurun berat badan

Khasiat labu siam yang pertama yaitu dapat menurunkan berat badan. Buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh orang dengan berat badan yang berlebih dan bertujuan ingin lebih sehat dengan berat badan yang ideal. Makanlah buah ini dengan teratur untuk berat badan yang seimbang.

2. Mencegah kelahiran bayi yang cacat

Manfaat labu siam untuk ibu hamil sangatlah bagus. Buah ini mampu menjadi buah yang mencegah bayi lahir dalam keadaan cacat. Situasi tersebut dapat membahayakan bayi dan juga ibunya. Ibu hamil bisa mengonsumsi buah ini dengan rutin setiap hari.

3. Menurunkan kolesterol

Khasiat labu siam juga ampuh untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh Anda. Buah ini mampu menjaga kandungan kolesterol dalam tubuh, terutama membuang kolesterol jahat. Dengan begitu, tubuh Anda akan terhindar dari penyakit akibat kolesterol.

4. Mencegah kanker

Manfaat labu siam untuk tubuh juga dapat mencegah penyakit kanker. Buah ini dengan kandungan vitamin dan mineralnya akan membuat tubuh Anda lebih kuat untuk melawan gejala penyakit kanker yang berbahaya bagi tubuh.

5. Sumber stamina tubuh

Khasiat labu siam dengan kandungan energinya akan memberikan stamina yang lebih pada tubuh. Jika Anda memakan buah ini setiap hari, Anda tidak akan kekurangan tenaga untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

6. Pencegah penuaan dini

Khasiat labu siam untuk penampilan yang awet muda diperkuat dengan kandungan vitamin C dan E nya. Buah ini mampu menjadi buah yang mencegah penuaan dini. Vitamin C dan E adalah dua vitamin yang bagus untuk menyehatkan kulit.

7. Anti oksidan

Labu siam termasuk ke dalam buah dengan fungsi anti oksidan. Fungsi ini adalah kemampuan dalam suatu makanan yang akan menangkal efek radikal bebeas. Makanlah buah ini dengan rutin untuk mendapatkan perlindungan lebih dari bahaya radikal bebas.

8. Obat batu ginjal

Khasiat labu siam dalam mengobati penyakit yaitu salah satunya adalah mengatasi penyakit batu ginjal. Selain menghilangkan batu ginjal, buah ini akan membuat ginjal Anda lebih sehat dan berfungsi dengan baik dalam tubuh.

9. Mencegah sembelit

Labu siam bisa mencegah sembelit yang diakibatkan oleh sistem pencernaan yang tidak lancar. Buah ini cukup kaya akan serat yang akan membuat tubuh Anda terhindar dari beberapa penyakit pencernaan, termasuk sembelit.

10. Membantu menurunkan darah tinggi

Hipertensi adalah penyakit yang cukup serius. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengonsumsi makanan yang dapat membantu menurunkan darah tinggi. Buah labu siam adalah salah satu solusinya. Kandungan beberapa senyawa buah ini akan bermanfaat dalam menekan tekanan darah tinggi.
Selain 10 manfaat dan khasiat lambu siam untuk kesehatan, ada lagi 5 manfaat lainnya dari buah ini yang perlu Anda ketahui. Berikut ini manfaat lainnya:

5 Manfaat dan Khasiat Labu Siam Lainnya:

  1. Mengatasi kembung pada perut
  2. Mencegah penyakit jantung
  3. Sumber makanan dengan mineral yang cukup
  4. Mencegah penyakit stroke
  5. Anti oksidan
Itulah 15 manfaat dan khasiat labu siam untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjaga kesehatan dengan memperoleh khasiat buah yang sehat pula. Pola hidup yang sehat akan lebih menguntungkan Anda nantinya di masa depan, karena kesehatan jaman sekarang merupakan hal yang mahal. Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html